Kamis, 22 Januari 2009

kisah lama banget....

Gw tetap mahasiswa TP ’04, yg masih setia dengan lantunan nasyid dan lagu2 melow yg keluar dari creative 128 Mb-nya. Tak terasa memang sudah hampir 4 tahun lamanya gw harus melintasi jalur kuningan-casablanca-rawamangun tuk sekedar menimba ilmu di kampus hijau yang beberapa waktu yang lalu masih bernama IKIP.
Entah kenapa, tiba-tiba aja ada kisah menarik yg mo gw bagi ke tmn2, tmn2 yg udah m’berikan sgala curahan ide, tenaga, uang, dan segalanya tuk semua ini… semua yg kita dambakan sejak pertama kali kita diajarkan arti sebuah kekompakan, arti sebuah persahabatan, dan arti sebuah pengorbanan…
Hari itu hari jum’at, sekembalinya gw dari tmpat PPL di kawasan rawamangun, sebenernya gw dah langsung mo pulang, tp entah knapa tiba2 gw diajak tuk makan dulu di mall yg mungkin jd tmpat pling favorit anak2 UNJ, gw masih te2p nolak, krn ju2r gw males bgt, coz gw hrus cepet2 pulang krn mlm-nya gw hrs rapat. Ada satu kata yg tnyata bkin gw b’ubah pkiran pd saat itu, sebuah kata yg gw sebut pertama setelah kata arti di paragraph seblumnya…, ya kata ‘kekompakan’ yg mmbuat otak dan hati ini berubah scepat aliran darah tuk sgera m’ambil kputusan b’beda. Akhirnya, gw pun mutusin tuk ikut, demi m’bela sebuah kata yg bnama kompak.
Abis sholat maghrib, gw niat balik ke rumah, krn mngkin dah malem, dan gw msh pnya agnda lain, tp entah knapa gw mutusin tuk anter shbat gw ke rumahnya tuk skedar ngbcarain suatu hal yg mnrut gw baik bgt, sebuah ide kreatf yg ga bs gw bagi ke kalian…sorry ya…, di tngah jln saat itu tb2 trn ujan, gw yg duduk di jok belkang Jupiter MX mutusin tuk neduh di kawasan matraman, tpatnya megaria. …. Kok gw jd bkn crta pnjng lebar y ???, oke sngkatnya abis itu qta nglanjutin pjalanan, smp akhirnya gw nympe di rumah shbat gw itu. Gw mampir sbentar, dan skitar jam 22.00 gw balik, dan di tengah pejalanan gw nemuin bnyak kondisi yg bkn gw mikir, dan mutusin tuk nulis ini di milis. Entah knapa, yg kuasa tb2 ngasih gw pikiran knapa lo rela anter tmn lo pdhal dia bs balik sndiri, mngkin ini cara Dia ngajarin gw makna sebuah pngorbanan slain ngbicarain ide kreatif td. Di kwsan pjompongan, tb2 hati gw terhenyak, dengan pmandangan seorang ne2k tua yg sudah lambat jalannya dengan susah payah menggendong seorang anak yg mash kecil tepat di belakng punggungnya, pdhal mlm itu hujan msh te2p ga b’henti, ga trasa gw smpet mnitikkan bbrpa butir air mata mlihat hal tsb. Udahlah, Tuhan pnya jln msing2 tuk mberikan ksh sygnnya kpd hambanya (itu yg smpet kepikir). Smpai di kwsan benhil, ga lm dr kjadian itu, gw nemuin pmdangan lain ktika ada seorang kakek b’dua dngan istrinya mndorong meja dagangannya, pdhal mrk bdua tmpak sdah renta, dan malm itu hujan msh tetap mngguyur jalanan b’aspal kota Jakarta. Ada apa y ? dua pmandangan yg bkn gw mikir ada rahasia apa di balik pmandangan yg diberikan tuk gw di hari mulia itu. Di saat gw mikir itu, tnyata pmandangan yg gw temuin blm slesai, di saat jlanan tampak sepi ada dua orang di pinggir trotoar sedang brdiri, yg satu dengan tubuh normalnya, dan yg satu lg tampak khilangan cahaya di dalam hidupnya, krn org tsbt ga bs ngrasain indahnya hasil ciptaan yg Kuasa melaui sebuah indera yg namanya mata. Ya Rabb… diri ini smakin ga mngerti apa rencanaMu di balik semua ini…, tp memang rahmat dan kasihNya takkan prnah akan putus, dibalik kbingungan yg gw alami, tnyata ada jalan yg diberikan… tiba2otak gw dibuat mngambil hikmah dr smua yang dilihat, di setiap pemandangan selalu ada 2 orang yang berperan, slalu ada pengorbanan yg harus dilalui di dalam mjalani hidup, ingat pengorbanan seorang nenek yg rela menggendong anak kecil td ?, ingat pngorbanan pasangan suami istri renta yg rela mcari nafkah smp dng larut mlm ? masih ingat seseorang yg rela menuntut seseorang yg buta walaupun mrk hrs khilangan hrga diri krn b’profesi sbg pngemis. Sadar atau tidak tnyata smua pmandangan di atas mengingatkan gw sm kt2 kekompakan, persahabatan, dan pngorbanan. Kata2 yg sharusnya ada dan harus tetap ada di antara kita, kita yg dengan takdirNya dipertemukan 4 thn yg lalu, diberikan masalah yg hrs diselseaikan b’sama2, diberikan kmampuan yg b’beda agar dapat dipersatukan tuk mjadi sebuah kekuatan yg dahsyat,
Jika ksah td hnya diperankan oleh 2 orng dan t’nyata mampu mjadi pelajran tuk qta smua akan arti sebuah kekompakan, persahabatan, dan pngorbanan, knapa kita yg satu dalm sebuah angkatan, dan bnyak orang yg luar biasa di dalamnya msh blum mampu memaknai arti kata2 td, msh blum mampu mjadi contoh bwat yg lain. Tp di balik smua itu msh t’besit kyakinan di dalam diri gw bhwa smua itu kan bs t’wujud meski entah kapan waktunya……, jd, wujudkan ya sobat.
1215 04 1063
Teriring Do’a tuk smua shabatku, agar hari-harinya selalu dalam lindungan dan karunia-Nya… diberikan kemudahan di stiap langkahnya…dan sebuah pengharapan agar ikatan yang telah ada ini akan tetap erat dan tidak akan pernah terurai…

1 komentar:

  1. iyah...i still remember that story...
    jaman kita PPL...
    di milist...
    and that touchy...
    thanks ya udah ajarin gw banyak hal..
    dan thanks ya buat tadi pagi...
    the best for the band^^

    BalasHapus